Jumat, 08 Juni 2012

PKM-GT PENGGUNAAN PAPAN CERITA BERGAMBAR BANGUN DATAR DARI KARTON SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SUDUT BANGUN DATAR SISWA KELAS 2 SD


Description: C:\Users\veronica\Pictures\logo.jpg 










PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL PROGRAM
PENGGUNAAN PAPAN CERITA BERGAMBAR BANGUN DATAR DARI KARTON SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SUDUT BANGUN DATAR SISWA KELAS 2 SD

BIDANG KEGIATAN:
PKM – GT



Diusulkan oleh:
Veronica Daristi Muktiningtyas          101134082      Angkatan 2010
Yohanes Leo Mury Yudhistira           101134006      Angkatan 2010
Yulius Andi Baskoro                          071134030      Angkatan 2007


UNIVERSITAS SANATA DHARMA
YOGYAKARTA
2012

HALAMAN PENGESAHAN PKM-GT


1. Judul Kegiatan                                       : PENGGUNAAN PAPAN CERITA
                                                                     CERITA BERGAMBAR BANGUN
                                                                     DATAR SEBAGAI MEDIA
                                                                     PENGENALAN SUDUT BANGUN
                                                                     DATAR SISWA KELAS 2 SD


 

2. Bidang Kegiatan                                   : ( ) PKM-AI   (   ) PKM-GT
3. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap                                 : Veronica Daristi Muktiningtyas
b. NIM                                                  : 101134082
c. Jurusan                                              : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
d. Universitas/Institut/Politeknik         : Universitas Sanata Dharma
e. Alamat Rumah dan No Tel./HP       : Jl. Pemuda No.7 Rejosari,Baleharjo
                                                                 Wonosari, Gunungkidul
f. Alamat email                                     : veronica_vdm@yahoo.com

4. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis     : 2 orang

5. Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar                  : Haniek Sri Pratini, M.Pd.
b. NIP                                                    : P. 2303
c. Alamat Rumah dan No Tel./HP        : 087839796587

Yogyakarta,  05 Juni 2012

Menyetujui
Wakil/Pembantu Dekan atau                                  Ketua Pelaksana Kegiatan
Ketua Jurusan/Departemen/Program Studi/
Pembimbing Unit Kegiatan Mahasiswa



(G. Ari Nugrahanta, S.J., S.S., BST., M.A.)                 ( Veronica Daristi M )
NIP.                                                                                NIM. 101134082


Pembantu atau Wakil Rektor Bidang                                Dosen Pendamping
Kemahasiswaan/Direktur Politeknik/
Ketua Sekolah Tinggi,




(__________________________)                         (Dra. Haniek Sri Pratini)
 NIP.                                                                       NIP. P. 2303






KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat dan karunia-Nya, sehingga penulis  dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “ Penggunaan Papan Cerita Bergambar Bangun Datar dari Karton sebagai Media Pengenalan Sudut Bangun Datar Siswa Kelas 2 SD  ” sesuai rencana.
Bagaimanapun bagusnya sebuah ide yang kita miliki, jika kita tidak dapat menyampaikannya dengan baik, ide atau gagasan tersebut akan mati dan terbuang percuma. Oleh sebab itu kami dalam karya tulis ini ingin mengupas masalah-masalah sentral yang sering dihadapi oleh guru dalam mengajar.
Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan media dalam pembelajaran mempunyai peranan yang sangat sentral. Alat peraga merupakan sarana untuk mendukung dalam belajar yang sangat vital. Kemampuan kita sebagai guru dalam mengajar di kelas sangat dituntut untuk menentukan keberhasilan siswa.
Pembelajaran di kelas harus mampu menimbulkan impact dan surprize bagi siswa. Maka janganlah kita menjadi guru yang hanya sekedar berbicara terus di depan kelas, namun harus mampu memberikan variasi pembelajaran salah satu caranya dengan menggunakan alat peraga sebagai media pembelajaran yang menarik. Tugas kita sebagai guru adalah membentuk pikiran peserta didik.
Selanjutnya pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut berperan baik secara konseptual maupun secara prosedur teknis. Namun karena terbatasnya tempat, sangat disayangkan kami tidak dapat menyebutkan nama mereka satu-persatu.
Akhirnya , saran dan kritik yang membangun dari semua pihak, akan kami terima dengan lapang dada. Bagaimanapun juga berlaku pepatah tak ada gading yang tak retak begitu pula dengan karya tulisl ini.




Salam Sejahtera.
Yogyakarta, 05 Juni 2012




           Penulis




DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................ ii
KATA PENGANTAR........................................................................................... iii
DAFTAR ISI ......................................................................................................... iv
RINGKASAN......................................................................................................... 1
 PENDAHULUAN................................................................................................. 1
Latar Belakang............................................................................................        1
Tujuan       ..................................................................................................        2
      Manfaat    ...................................................................................................       2
GAGASAN    ...................................................................................................       2
      Kondisi Kekinian ........................................................................................      2
      Solusi yang Pernah Ditawarkan ...................................................................     3
      Kelebihan Gagasan ....................................................................................       3
      Pihak- Pihak yang Terkait...........................................................................       4
      Strategi Penerapan........................................................................................      4
KESIMPULAN……………………………………………………………….       5
      Gagasan yang Diusulkan…………………………………………………        5
      Teknik Implementasi………………………………………………………      5
      Prediksi Manfaat..........................................................................................      5
DAFTAR PUSTAKA            ........................................................................................      5    
DAFTAR RIWAYAT HIDUP .........................................................................       6


 
PENGGUNAAN PAPAN CERITA BERGAMBAR BANGUN DATAR DARI KARTON SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SUDUT BANGUN DATAR SISWA KELAS 2 SD
Veronica Daristi Muktiningtyas, Yohanes Leo Mury Yudhistira, Yulius Andi Baskoro
 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
RINGKASAN
        Pelajaran matematika sering kali menjadi momok yang  menakutkan bagi siswa SD. Hal ini dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya adalah proses pembelajaran matematika di kelas tidak berlangsung dengan benar dan minimnya penggunaan media dalam proses pembelajaran.
        Pada proses pembelajaran di SD terutama di kelas bawah yang menggunakan pendekatan tematik, kurang dipikirkan mengenai media yang digunakan dalam pendekatan tematik tersebut. Pembelajaran masih menggunakan media konvensional dan guru masih banyak menggunakan metode ceramah akan membuat siswa bosan dan tidak aktif.
        Salah satu kompetensi dasar (KD) pembelajaran matematika di kelas 2 Sekolah Dasar adalah mengenal sudut-sudut bangun datar.
        Sudut adalah himpunan dari dua buah sinar garis dimana pangkal dari kedua sinar garis tersebut bersekutu. Bangun datar adalah bangunan geometri yang seluruh bagiannya terletak pada satu bidang. Macam-macam bangun datar adalah persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, trapesium, jajar genjang, belah ketupat dan layang-layang. Masing-masing bangun datar tersebut memiliki sudut dan jumlah sudut yang berbeda.
        Karakteristik siswa kelas 2 Sekolah Dasar adalah masih membutuhkan media/alat konkrit yang dapat dirasakan menggunakan panca indera. Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan.
        Penggunaan papan cerita bergambar bangun datar dari karton yaitu dengan cara membuat karton menjadi potongan macam-macam bentuk bangun datar kemudian ditempelkan pada papan karton dengan membuat setting cerita. Pada bagian papan disebaliknya digunakan sebagai papan tempel untuk belajar tentang sudut-sudut bangun datar.
        Guru diharapakan menggunakan papan cerita bergambar bangun datar dari karton sebagai media pembelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam mengenal sudut-sudut bangun datar

PENDAHULUAN
Latar Belakang
        Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting bagi siswa SD. Pelajaran matematika sering kali menjadi momok yang  menakutkan bagi siswa SD. Hal ini dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya adalah proses pembelajaran matematika di kelas tidak berlangsung dengan benar dan minimnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Guru sering kali hanya sekedar mengajar tanpa memperhatikan apakah siswanya dapat memahami materi yang diberikan tersebut atau tidak, sehingga pemahaman siswa tidak maksimal.
        Pada proses pembelajaran di SD terutama di kelas bawah, digunakan pendekatan tematik yang memadukan beberapa mata pelajaran dalam sebuah tema. Dalam hal ini kurang dipikirkan mengenai media yang digunakan dalam pendekatan tematik tersebut. Ketika melihat proses pembelajaran yang terjadi di sekolah, guru masih menggunakan media konvensional dalam mengajar. Pembelajaran menggunakan media konvensional dan ceramah dalam pembelajaran matematika tentu membuat siswa merasa jenuh, tidak aktif dan membuat guru menjadi kurang kreatif dalam memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar yang sebenarnya dapat dijadikan sebagai media yang menarik.  
        Dalam pembelajaran matematika, khususnya KD mengenal sudut-sudut bangun datar, masalah-masalah  di atas seringkali muncul di kelas. Intinya adalah guru belum menemukan cara yang tepat untuk mengajak siswa dalam belajar tentang mengenal sudut-sudut bangun datar. Siswa seringkali hanya ditunjukkan letaknya sudut tersebut tanpa ada penekanan, sehingga siswa seringkali mudah untuk melupakan.
Oleh karena itu, kami membuat sebuah media pembelajaran matematika, khususnya dalam mengenal sudut-sudut bangun datar agar menjadi pembelajaran yang menarik bagi siswa dengan menggunakan papan cerita bergambar bangun datar dari karton. Belajar matematika menggunakan media papan cerita bergambar bangun datar menjadi salah satu cara belajar yang menarik untuk siswa karena siswa kelas bawah sangat senang untuk mendengarkan cerita. Tentu hal ini akan membuat siswa menjadi bersemangat dan senang belajar matematika.
       
Tujuan dan Manfaat
Tujuan
        Adapun tujuan dari karya tulis ini adalah sebagai berikut (1) membantu siswa dalam memahami sudut-sudut bangun datar, (2) memberikan variasi bagi guru dalam proses pembelajaran.
Manfaat
        Media dapat digunakan dengan berbagai variasi pembelajaran tematik di SD dan dapat memberikan inspirasi kepada guru untuk semakin mengembangkan ide pembuatan media pembelajaran yang lebih kreatif.
GAGASAN
Kondisi Kekinian
        Sudut adalah himpunan dari dua buah sinar garis dimana pangkal dari kedua sinar garis tersebut bersekutu. Bangun datar adalah bangunan geometri yang seluruh bagiannya terletak pada satu bidang. Macam-macam bangun datar adalah persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, trapesium, jajar genjang, belah ketupat dan layang-layang. Masing-masing bangun datar tersebut memiliki sudut dan jumlah sudut yang berbeda. Pertemuan dua sisi yang berbeda akan membentuk sudut. Seperti pada segitiga ABC mempunyai tiga sudut yaitu : sudut ABC, sudut BCA, sudut CAB sehingga jumlah sudut segitiga ada tiga. Sedangkan pada persegi panjang JKLM mempunyai empat sudut, yaitu : sudut JKL, sudut KLM, sudut LMJ, sudut MJK.
        Pengenalan sudut-sudut bangun datar di Sekolah Dasar kebanyakan hanya menggunakan gambar yang ada di buku dan guru kurang memikirkan media yang menarik yang dapat digunakan untuk mengajarkannya. Siswa hanya terpaku pada gambar bangun datar yang ada di buku, padahal hanya dengan melihat gambar saja, bagi anak masih abstrak karena gambar tidak bisa diraba/dipengang secara langsung.
        Siswa Sekolah Dasar (SD) umurnya berkisar antara 6 atau 7 tahun, sampai 12 atau 13 tahun. Menurut Piaget, mereka berada pada fase operasional konkret. Kemampuan yang tampak pada fase ini adalah kemampuan dalam proses berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika, meskipun masih terikat dengan objek yang bersifat konkret (Heruman, 2007). Dengan begitu para pendidik terkhusus guru SD harus mulai berfikir menggunakan strategi dan mulai memperhatikan kondisi anak agar pembelajaran matematika terasa menyenangkan dengan menggunakan media yang tepat.
        Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan pembelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Secara umum, manfaat media dalam proses pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa. Sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien.
        Cerita adalah tuturan yang membentangkan bagaimana terjadinya suatu hal (peristiwa, kejadian, dan sebagainya). Cerita bergambar adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita.
       
Solusi yang Pernah Ditawarkan
        Dari berbagai sumber kami melihat ada banyak media pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mengajarkan tentang pengenalan sudut bangun datar diantaranya berupa (1)media papan berpaku sebenarnya adalah media pembelajaran matematika yang terbuat dari tripleks,  paku dan dilengkapi dengan karet gelang. Digunakan sebagai sebagai alat bantu dalam memperkenalkan berbagai macam bentuk bangun datar, sudut bangun datar serta mempelajari cara mencari luas dan keliling  bangun datar, dengan cara mengukur panjang dan lebar bangun datar tersebut. (2) puzzle digunakan dengan cara menyusun potongan-potongan puzzle sampai membentuk sebuah bangun datar kemudian bangun datar tersebut dicari nama-nama sudutnya dan jumlah sudutnya.

Kelebihan Gagasan
        Kami memilih ide untuk membuat alat peraga dengan menggunakan media papan cerita bergambar bangun datar dari karton ini karena kami merasa bahwa dengan menggunakan cerita bergambar ini, guru dapat semakin mengembangkan kemampuan siswa yang sedang memasuki tahap operasional konkret. Kami memilih karton sebagai alat karena kami melihat bahwa selama ini penggunaan karton masih belum secara maksimal, banyak sisa-sisa dari karton yang sebenarnya masih dapat dimanfaatkan hanya terbuang begitu saja. Oleh karena itu guru diharapkan bisa menggiatkan siswa dalam pembelajaran matematika khususnya dalam pengenalan sudut-sudut bangun datar. Tentu hal ini sangat penting pada pembelajaran di SD kelas bawah,dimana para guru masih sering menggunakan metode ceramah dan kurang menggunakan media-media yang terkait dengan materi.
            Penggunaan papan cerita bergambar bangun datar dari karton dalam pembelajaran matematika tentang mengenal sudut-sudut bangun datar ini juga akan terus menggali kemampuan guru untuk menemukan hal-hal yang baru untuk disajikan kepada siswa dalam proses pembelajaran sehingga guru tidak hanya terpaku pada buku paket. Penggunaan cerita bergambar ini tentu akan menambah variasi pengajaran yang dapat diterapkan guru di dalam kelas. Media ini sangat cocok digunakan dalam pendekatan tematik dalam mata pelajaran matematika dan bahasa Indonesia di kelas bawah terutama kelas 2.  Melalui penggunaan cerita bergambar ini,guru diajak untuk berpikir kreatif dalam menciptakan suatu alat peraga yang sesuai dengan materi yang akan dibahas. Dengan begitu, guru dapat terus mengembangkan imajinasinya untuk membuat hal-hal baru yang bermanfaat dalam pembelajarannya sehingga proses pembelajaran juga akan semakin bervariasi.

Pihak-Pihak  yang Terkait
        Dalam penggunaan media cerita bergambar bangun datar yang terbuat dari karton ini, dibutuhkan partisipasi dari guru, siswa dan sekolah. Partisipasi guru diwujudkan dengan ketersediaan meluangkan waktu untuk membuat media pembelajaran ini. Dari siswa yaitu dengan menggunakan media ini sebagai alat bantu untuk belajar memahami materi tentang sudut bangun datar. Dari pihak sekolah dapat dilakukan dengan mengapresiasi, misal dengan menyediakan tempat untuk menyimpan media pembelajaran atau dengan memajang media di kelas. Selain itu, dapat juga mengumpulkan sisa karton yang masih dapat digunakan agar dapat dimanfaatkan untuk membuat media tersebut.
       
Strategi Penerapan
        Pemanfaatan karton sebagai media pengajaran ini dilakukan dengan cara memotong karton menjadi macam-macam bentuk bangun datar. Kemudian potongan karton tersebut  disusun dan ditempelkan pada papan dari karton dengan menambahkan hiasan gambar lain  agar menjadi semacam setting sebuah cerita. Pada bagian papan karton disebaliknya digunakan sebagai papan tempel untuk belajar tentang sudut-sudut bangun datar.
        Contoh penerapannya, misalnya guru awalnya bercerita dengan menggunakan papan cerita bergambar. Kemudian siswa diajak untuk menemukan bangun-bangun datar yang ada di dalam cerita. Lalu siswa diajak belajar mengenal sudut-sudut bangun datar menggunakan papan tempel bangun datar disebaliknya dengan cara menempelkan potongan bangun datar lalu siswa diajak menemukan sudut-sudutnya.      
KESIMPULAN
Gagasan yang Diusulkan
        Kelebihan media papan cerita bergambar bangun datar dari karton adalah media ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran tematik mata pelajaran matematika dan bahasa Indonesia, dapat memanfaatkan karton baru maupun karton bekas sebagai alternatif pembuatan media bangun datar, membantu pemahaman anak tentang sudut bangun datar, serta memberikan inspirasi pada guru untuk lebih mengembangkan kreatifitas dalam pembuatan media, terutama untuk media pembelajaran tematik.
Teknik Implementasi
        Cara pembuatan media papan cerita bergambar dari karton adalah dengan memotong karton menjadi macam-macam bentuk bangun datar kemudian ditempel pada papan karton besar lalu disusun dan dibuat menjadi setting sebuah cerita. Pada papan sebaliknya digunakan sebagai papan tempel bangun datar dan digunakan untuk pembelajaran mengenal sudut-sudut bangun datar.
Prediksi Manfaat
       Penggunaan papan cerita bergambar bangun datar dari karton sebagai media pembelajaran matematika dapat mempermudah siswa dalam mengenal sudut-sudut bangun datar.
DAFTAR PUSTAKA
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purnomosidi, Wiyanto, Endang. 2007. Matematika 2 Untuk SD/MI Kelas 2. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.





CURRICULUM VITAE
PESERTA PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM)
Nama                           : Veronica Daristi Muktiningtyas
Tempat, tanggal lahir  : Gunungkidul, 19 Januari 1992
Jenis kelamin               : Perempuan
Alamat asal                 : Jl. Pemuda No.7, Rejosari,Baleharjo, Wonosari,
                                      Gunungkidul
No. Telepon/Hp          : 087839492007
Alamat e-mail              : veronica_vdm@yahoo.com
Pendidikan                  : SD Kanisius Wonosari II
SMP N 1 Wonosari
SMA N 2 Wonosari
                          Universitas Sanata Dharma Yogyakarta




CURRICULUM VITAE
PESERTA PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM)
Nama                           : Yohanes Leo Mury Yudhistira
Tempat, tanggal lahir  : Boyolali, 09 Mei 1989
Jenis kelamin               : Laki-laki
Alamat asal                 : Pingitan, Sumberarum, Moyudan, Sleman, Yogyakarta
                                      55563
No. Telepon/Hp          : 085743333360
Alamat e-mail              : leomuryyudhistira@ymail.com
Pendidikan                  : SD Kanisius Ngapak II
SMP Pangudi Luhur Moyudan
SMA Pangudi Luhur Sedayu
                          Universitas Sanata Dharma Yogyakarta





CURRICULUM VITAE
PESERTA PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM)
Nama                           : Yulius Andi Baskoro
Tempat, tanggal lahir  : Wonogiri, 06 Juli 1989
Jenis kelamin               : Laki-laki
Alamat asal                 : Trukan, Sambiroto, Rt 02 Rw 05 Pracimantoro, Wonogiri
                                       Jawa Tengah
No. Telepon/Hp          : 08179493130
Alamat e-mail              : end_andi@yahoo.com
Pendidikan                  : SDN 1 Pracimantoro
SMP Pangudi Luhur Giriwoyo
SMA N 2 Wonogiri
                          Universitas Sanata Dharma Yogyakarta








0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda